Saturday 23 September 2017

Mengenal jenis-jenis Segi Empat


Tanpa kita sadari, kehidupan kita dipenuhi dengan bangun datar yang satu ini. Yap! Segi empat. Benda-benda seperti pintu, ubin, jendela rumah sampai ponsel android yang banyak kamu gunakan sekarang.
Lalu, apakah yang namanya segi empat harus yang persis kotak-kotak seperti persegi dan persegi panjang? Ternyata tidak ya. Semua yang memiliki empat sisi kita sebut dengan bangun datar segi empat.
Coba perhatikan gambar berikut:

Nah, semuanya itu disebut segi empat. Kira-kira seperti kita umat manusia, para segiempat itu juga punya nama khusus untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Nama-nama seperti persegi, persegi panjang dan trapesium pasti sudah kamu pelajari di tingkat sekolah dasar kan?
Materi segi empat ini, untuk kurikulum 2013 dipelajari di kelas VII semester 2 yang digabungkan dengan materi segitiga.
Di sini, kita akan kenal lebih dekat lagi dengan para segi empat khusus ini. Kenapa khusus? Karena mereka punya sifat-sifat istimewa, yang nanti akan kita pelajari.
Ada yang khusus, apa ada juga yang tidak khusus? Ya, ada. Kita menyebutnya segi empat sebarang. Teknisnya begini, semua segi empat termasuk segi empat sebarang. Yang punya sifat-sifat istimewa, diberi nama seperti persegi, trapesium dll. Sedangkan yang tidak punya sifat istimewa, tetap kita sebut segi empat sebarang, atau segi empat. Contohnya seperti bangun berikut:



#Tapi biar pun ada yang punya keistimewaan ada yang tidak, saya yakin mereka bisa bersinar dengan caranya sendiri, haha, lupakan bagian ini ^_^
Bagaimana? Sudah siap kenalan dengan para segi empat ini?
Berikut adalah nama-nama segi empat yang akan kita pelajari:
*silahkan klik nama segi empat di atas untuk mengenalnya lebih jauh (^_^) 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin disampaikan mengenai postingan tadi? Silahkan sampaikan pendapat/pertanyaan kamu di kolom komentar berikut:
*selalu utamakan berkomentar dengan santun ya ^_^