Ini adalah bagian II dari Penyelesaian Latihan Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
Disini disajikan penyelesaian versi Nina untuk no.8-15
Bagi yang belum membaca penyelesaian sebelumnya, kamu bisa cek di sini ya: Penyelesaian (1-7): Latihan Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
8. Pak Agum memiliki usaha penjualan ayam potong di pasar. Pada bulan pertama ia mendapat untung 4 juta, bulan kedua mengalami kerugian sebesar 6 juta. Pada bulan ketiga dan keempat, hasil penjualan Pak Agum mengalami kerugian sebesar 2 juta dan 3 juta.
a. Apakah Pak Agum mengalami untung atau rugi dari hasil penjualan
pada bulan pertama dan kedua?
b. Hitunglah total kerugian Pak Agum untuk bulan ketiga dan keempat?
Penyelesaian
Jika setiap kerugian dilambangkan negatif (-) dan keuntungan
dilambangkan positif (lambing tidak dituliskan), maka rangkuman dari keadaan
usaha Pak Agum kira-kira seperti ini:
Bulan-1: 4
Bulan-2: (-6)
Bulan-3: (-2)
Bulan-4: (-3)
Nah, sekarang mudah bagi kita menjawab soal-soal a dan b
a. Hasil penjualan bulan-1 dan 2 = 4 + (-6) = (-2)
b. Total kerugian bulan-3 dan 4 = (-2) + (-3) = (-5)
9. Setiap hari Sabtu, Widodo selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
pramuka yang diadakan di lapangan sekolah. Pada saat latihan baris berbaris diperintahkan
dari komandan regu: “Maju 3 langkah”, hal ini berarti jarak pergerakan barisan adalah
3 langkah ke depan.
Jika perintah pimpinan pasukan: “Mundur 4 langkah”, hal ini berarti
bahwa pasukan akan bergerak melawan arah sejauh 4 langkah, demikian seterusnya.
Suatu ketika komandan pasukan memerintahkan Widodo untuk maju 10 langkah,
kemudian mundur 8 langkah, dan maju lagi 3 langkah.
a. Nyatakan langkah Widodo dalam operasi bilangan bulat!
b. Tentukan posisi terakhir Widodo terhadap posisi awal!
Penyelesaian
Pertama-tama buat dulu perjanjian tandanya,
Maju → positif
Mundur → negatif
Selanjutnya, perintah yang diberikan pada Widodo adalah yang
berikut:
“Suatu ketika komandan
pasukan memerintahkan Widodo untuk maju 10 langkah, kemudian mundur 8 langkah,
dan maju lagi 3 langkah.”
Maju 10 langkah → 10
Mundur 8 langkah → (-8)
Maju 3 langkah → 3
a. Langkah Widodo dapat dinyatakan sebagai berikut:
10 + (-8) + 3 = 5
b. Posisi terakhir Widodo adalah 5 langkah di depan posisi
awalnya
*Entah kenapa, yang
terpikir saat mengerjakan soal ini adalah Widodo yang maju mundur-maju mundur
cantik…. (-_-;)
10. Dalam suatu kelas terdiri dari 38 siswa, dengan 15 siswa
di antaranya adalah perempuan. 13 siswa suka mengendarai sepeda ke sekolah, dan
9 di antaranya adalah perempuan. Tentukan banyak siswa laki-laki yang tidak suka
mengendarai sepeda ke sekolah.
Penyelesaian
Karena soalnya bertele-tele, ada baiknya kita rangkumkan apa
yang diketahui dalam bentuk skema seperti ini:
Sekarang kita tinggal melengkapi bagian yang kosong
Total siswa ada 38 orang, 15 di antaranya perempuan, berarti
jumlah siswa laki-lakinya:
L = 38 – 15 = 23
Ada 13 siswa yang suka bersepeda ke sekolah, 9 diantaranya
perempuan, berarti sisanya adalah siswa laki-laki yang suka bersepeda ke
sekolah:
Laki-laki S = 13 – 9 = 4
Total siswa perempuan ada 15 orang, 9 suka bersepeda,
berarti sisanya tidak suka bersepeda:
Perempuan TS = 15 – 9 = 6
Total siswa laki-laki ada 23 orang, 4 suka bersepeda,
berarti sisanya tidak suka bersepeda:
Laki-laki TS = 23 – 4 = 19
Jadi…., banyak siswa laki-laki yang tidak suka mengendarai
sepeda ke sekolah ada 19 orang (^_^) panjang
ya~~~
11. Dengan memperhatikan susunan bilangan berikut, jika kita melanjutkan
hingga baris ke-12, tentukan:
a. Bilangan pertama pada baris ke-12
b. Jumlah dari bilangan-bilangan yang terdapat pada baris ke-12
Penyelesaian
a. Jika diperhatikan ada pola untuk setiap bilangan pertama
pada setiap barisnya seperti ini:
Pola tersebut bisa kita lanjutkan sampai baris ke-12 sebagai
berikut:
Jadi, bilangan pertama pada baris ke-12 adalah
1 + 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 = 67
b. Perhatikan bahwa pada baris-1 terdapat 1 bilangan, pada
baris-2 terdapat 2 bilangan, pada baris-3 terdapat 3 bilangan, dan seterusnya.
Lalu, bilangan setelahnya semuanya berurut.
Artinya, pada baris-12 bilangannya ada 12 bilangan berurut
yang dimulai dari 67
67, 68, 69,
70, 71, 72,
73, 74, 75,
76, 77, 78
Jumlah bilangannya dapat kita hitung seperti ini:
= 145 ×
6
= 870
*yah,
lebih gampang hitung pakai kalkulator sih ya? (^_^;)
12. Pak Manuputi adalah seorang peternak ayam potong dan ayam
kampung. Ia memelihara 650 ekor ayam potong dan 135 ekor ayam kampung. Akibat terjangkit
flu burung, dalam minggu yang sama terdapat 65 ayam potong dan 45 ayam kampung
yang mati.
a. Berapa banyak ayam potong yang masih hidup?
b. Berapa selisih banyak ayam potong dan ayam kampung yang
mati?
Penyelesaian
Berikut adalah ringkasan data ayam Pak Manuputi:
a. Jumlah ayam potong yang masih hidup adalah:
650 – 65 = 585 ekor
b. Selisih banyak ayam potong dan ayam kampong yang mati
adalag:
65 – 45 = 20 ekor
*khusus bagian b ini,
pertanyaannya terkesan ambigu ya (-_-;) Gak jelas yang ditanyakan apakah
selisih ayam potong yang mati dan ayam kampong yang mati, atau selisih ayam
potong yang hidup dan ayam kampong yang mati. Menurut kamu gimana?
13. Isilah kotak-kotak pada persegi berikut dengan bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 atau 9, sedemikian sehingga
jumlah bilangan pada susunan horisontal, vertikal, dan diagonalnya sama. Satu bilangan
hanya bisa diisikan satu kali.
Penyelesaian
Karena yang akan diisikan adalah barisan bilangan 1, 2, 3,
4, 5, 6, 7, 8, 9 yang jumlahnya harus sama baik secara horisontal, vertikal
ataupun diagonal, maka pertama-tama kita bisa menghitung jumlah tiap baris itu
sebagai berikut:
(1+2+3+4+5+6+7+8+9)
3
= 45 ×
3= 15
Artinya, setiap baris, kolom dan
diagonalnya harus berjumlah 15 ya.
Kemudian, karena nilai tengah dari
barisan bilangan itu adalah 5, maka ada baiknya 5 kita tempatkan di
tengah-tengah kotak. Sisanya tinggal menyesuaiakan saja, asalkan jumlahnya pas
15. Jadi, jangan sampai 9 dan 8 segaris lho, karena 9 + 8 = 16 → lebih (^_^)
Berikut adalah alternatif yang mungkin
diperoleh:
Penyelesaian
Pertama-tama kita bisa bagikan angka 1,2,3 di setiap
sudutnya. Setelah itu, sisanya bisa menyesuaikan. Berikut alternatif yang bisa
diperoleh:
15. Isilah lingkaran kosong pada segitiga berikut dengan bilangan
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, atau 9, sedemikian sehingga jumlah pada bilangan pada setiap
sisinya sama. Setiap bilangan hanya bisa digunakan sekali.
Penyelesaian
Nah, yang ini juga bisa dimulai dengan menempatkan
bilangan-bilangan terkecil: 1,2,3 di
setiap sudutnya. Lalu sisanya tinggal menyesuaikan, walaupun kemungkinannya
jadi lebih banyak untuk dicoba-coba.
Tapi, kalau bisa sih, jangan sekedar mencoba-coba ya,
gunakan juga pemahaman kamu mengenai jumlah dan selisih pada bilangan bulat.
Itu akan banyak membantu (^_^)
Berikut beberapa alternatif yang mungkin diperoleh:
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Akhirnya selesai juga ya ^_^
Latihan kali ini memang agak panjang. Bagaimana dengan penyelesaian ala Nina ini? Sudah sesuai dengan penyelesaian ala kamu? Atau ada saran/kritik yang mau disampaikan? Silahkan sampaikan di kolom komentar ya
Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga postingan ini bisa sedikit membantu belajarnya ya (^0^)/
Sampai jumpa di postingan berikutnya:
Operasi bilangan bulat: Perkalian dan Pembagian
No comments:
Post a Comment
Ada yang ingin disampaikan mengenai postingan tadi? Silahkan sampaikan pendapat/pertanyaan kamu di kolom komentar berikut:
*selalu utamakan berkomentar dengan santun ya ^_^