Sunday 27 August 2017

Latihan membandingkan bilangan bulat

Setelah selesai mendalami materi Membandingkan bilangan bulat sebelumnya, artinya kamu sudah siap untuk menyelesaikan tantangan dari soal-soal berikut.
Semangat! (^0^)/

1. Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L. Bilangan M tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan N tersusun dari 5 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan.

2. Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat positif. Bilangan A dan B sama-sama tersusun dari 4 angka. Bagaimanakah langkahmu untuk menentukan bilangan yang lebih besar? Jelaskan.

3. Diketahui bilangan C dan D adalah bilangan bulat negatif. Bilangan C tersusun dari 3 angka, sedangkan bilangan D tersusun dari 4 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan.

4. Diketahui bilangan X, Y, dan bilangan Z
Bilangan X = 123abc
Bilangan Y = 45bcde
Bilangan Z = 9abcd
Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar! Jelaskan.

5. Diketahui bilangan positif K dan L.
Bilangan K = abcdefgh6
Bilangan L = abcdefg45
Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, bilangan manakah yang lebih kecil? Jelaskan.

6. Pak Adri dan Pak Beni adalah peternak ayam di desanya. Saat musim panen, Pak Adri berhasil memanen 231.475 ekor ayam, sedangkan Pak Beni berhasil memanen 231.574 ekor ayam. Manakah yang berhasil memanen ayam lebih banyak?

7. Ani dan Budi menyembunyikan dua bilangan berbeda. Ani mengatakan bahwa bilangannya terdiri dari 6 angka dengan susunan abcdef. Sedangkan Budi mengatakan bahwa bilangannya terdiri dari 7 angka dengan susunan abcdefg. Tentukan:
  • Jika kedua bilangan yang dimiliki oleh Ani dan Budi adalah bilangan bulat positif, maka siapakah yang memiliki bilangan yang lebih besar? Jelaskan.
  • Jika kedua bilangan yang dimiliki oleh Ani dan Budi adalah bilangan bulat negatif, maka siapakah yang memiliki bilangan yang lebih besar? Jelaskan.

Sumber: BSE Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Nah, bagaimana? Bisa diselesaikan? Pasti bisa dong (^_^)
Kalau sudah selesai, kamu bisa bandingkan jawabanmu dengan penyelesaian Nina di sini:
Penyelesaian: Latihan membandingkan bilangan bulat

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin disampaikan mengenai postingan tadi? Silahkan sampaikan pendapat/pertanyaan kamu di kolom komentar berikut:
*selalu utamakan berkomentar dengan santun ya ^_^